Ternyata Ada 4 Waktu ‘Terlarang’ Sebagai Minum Minuman Kafein, Ini Dampaknya

Jakarta

Untuk sebagian orang, menenggak satu cangkir Minuman Kafein Untuk sehari tidaklah cukup. Malahan, tak sedikit Didalam mereka mengonsumsi beberapa cangkir Minuman Kafein Ke pagi, siang, dan malam hari.

Hal ini tidak terlepas Didalam khasiat Minuman Kafein itu sendiri. Sejumlah Eksperimen memang menyebut Minuman Kafein Memperoleh manfaat Keadaan yang beragam, mulai Didalam Memperbaiki kewaspadaan hingga menurunkan tekanan darah.

Beberapa orang juga yakin minum secangkir Minuman Kafein dapat membuat diri mereka lebih fokus Pada bekerja. Dari Sebab Itu, tidak heran jika Minuman Kafein menjadi minuman ‘Kandidatteratas’ Untuk kebanyakan karyawan kantoran.


Walaupun begitu, Minuman Kafein tidak bisa diminum kapan saja. Pasalnya, ada waktu-waktu tertentu tubuh tidak mampu Memperoleh respons Didalam Minuman Kafein Didalam baik.

Artinya, seseorang harus memerhatikan waktu yang tepat Sebagai minum Minuman Kafein Sebagai bisa memaksimalkan khasiat dan mencegah efek Di yang tidak diinginkan. Lantas, kapan saja waktu ‘terlarang’ Sebagai minum Minuman Kafein tersebut?

1. Setelahnya bangun tidur

Minum Minuman Kafein Setelahnya bangun tidur Ke pagi hari Mungkin Saja Dari Sebab Itu ‘ritual’ wajib Untuk beberapa orang. Akan Tetapi, kebiasaan ini sebaiknya dihentikan.

Dikutip Didalam Prevention, minum Minuman Kafein beberapa menit Setelahnya bangun tidur bukannya menambah energi, tapi justru bisa memicu kecemasan atau ansietas.

Pada bangun tidur, hormon kortisol Untuk tubuh berada Ke puncaknya. Hormon ini menyediakan energi Untuk tubuh, serta mengatur respons Pada Tekanan. Kafein yang terkandung Ke Minuman Kafein dapat Memperbaiki jumlah hormon kortisol. Jika jumlah kortisol terlalu tinggi, maka Akansegera membuat seseorang merasa gelisah dan cemas.

Sebaiknya, tunggu Di tiga hingga lima jam Setelahnya bangun tidur Sebagai mengonsumsi Minuman Kafein. Dari Sebab Itu jika bangun pukul 06.00, maka waktu terbaik Sebagai minum Minuman Kafein adalah Ke pukul 09.00-11.00.

2. Enam hingga delapan jam Sebelumnya tidur

Tak sedikit orang yang mengonsumsi Minuman Kafein Ke sore atau malam hari. Akan Tetapi, kebiasaan ini bisa berdampak buruk Pada Keadaan loh.

Pasalnya, tubuh membutuhkan waktu Di enam hingga delapan jam Sebagai bisa memproses kafein. Jika minum Minuman Kafein Ke sore atau mendekati waktu tidur, hal ini dapat mengganggu irama sirkadian dan merusak Mutu tidur.

“Mengonsumsi kafein enam jam Sebelumnya tidur dapat Mengurangi waktu tidur hingga satu jam,” ujar perwakilan Didalam Better Sleep Council Terry Cralle, dikutip Didalam Fortune.

3. Pada kurang tidur

Minuman Kafein sering Dikatakan sebagai solusi Sebagai mengatasi ngantuk akibat kurang tidur. Akan Tetapi menurut studi terbaru, orang yang tidur kurang Didalam lima jam Pada tiga malam berturut-turut sebaiknya tidak mengonsumsi Minuman Kafein.

Sebab, kafein Untuk jumlah berapapun tidak bisa mengembalikan fokus dan kewaspadaan Ke orang yang sering kurang tidur. Jika seseorang tidak bisa tidur setidaknya tujuh jam setiap malam, maka sebaiknya melakukan power nap Sebagai mengembalikan energi yang hilang ketimbang menenggak secangkir Minuman Kafein.

4. Pada Minuman Kafein Terbaru diseduh

Menyeruput Minuman Kafein panas memang nikmat. Akan Tetapi, mengonsumsi Minuman Kafein yang Terbaru diseduh ternyata bisa Memberi dampak buruk Untuk Keadaan.

Laporan yang dipublikasikan Organisasi Keadaan Dunia (WHO) menemukan konsumsi Minuman Kafein Didalam suhu Ke atas 149 derajat fahrenheit (65 derajat celcius) dapat Memperbaiki risiko kanker kerongkongan. Dari Sebab Itu, sebaiknya dinginkan Minuman Kafein terlebih dahulu Sebelumnya diminum.

(ath/naf)

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Ternyata Ada 4 Waktu ‘Terlarang’ Sebagai Minum Minuman Kafein, Ini Dampaknya