Kisah Desa Legetang Hingga Dieng yang Menghilang Untuk Semalam

Dataran Tinggi Dieng menyimpan kisah pilu tentang Desa Legetang yang hilang Untuk semalam. Desa yang terletak Hingga Banjarnegara itu kini hanya tinggal kenangan. Foto/tangkapan layar YouTube Cerita Desa Indonesia

BANJARNEGARA – Hingga balik keindahan alam yang mempesona, Dataran Tinggi Dieng menyimpan kisah pilu tentang Desa Legetang yang hilang Untuk semalam. Desa yang dahulu terletak Hingga Desa Pekasiran, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Ditengah itu kini hanya tinggal kenangan Sesudah terkubur longsor dahsyat Di 17 April 1955.

Hujan deras mengguyur kawasan Dieng Di malam nahas itu. Di pukul 23.00 WIB, terdengar suara gemuruh keras seperti dentuman bom. Tanah Hingga lereng Gunung Pengamun runtuh dan menimpa Desa Legetang yang berada Hingga bawahnya.

Tragedi ini menelan korban jiwa 351 orang, termasuk bayi dan balita. Hanya satu orang yang berhasil selamat, yaitu seorang pemuda bernama Suhuri yang Lagi berada Hingga luar desa Pada kejadian.

Dirangkum Untuk berbagai sumber, Selasa (18/6/2024), hingga kini, penyebab pasti longsor yang menelan Desa Legetang masih menjadi misteri. Ada beberapa versi cerita yang beredar Hingga Komunitas.

Foto/tangkapan layar YouTube Cerita Desa Indonesia

Konon, penduduk Desa Legetang hidup Untuk kemaksiatan, Supaya mereka dihukum Bersama Allah SWT Bersama longsor dahsyat. Versi lain menyebutkan bahwa longsor terjadi murni Sebab bencana alam, tanpa kaitannya Bersama perbuatan manusia.

Hingga sisi lain, beberapa pihak menduga longsor dipicu Bersama Karya Gunung Pengamun yang memang Memperoleh potensi letusan.

Di Pada Yang Sama, Sebagai mengenang tragedi ini, didirikanlah sebuah tugu peringatan Hingga lokasi bekas Desa Legetang. Tugu ini menjadi pengingat Untuk generasi penerus tentang peristiwa memilukan yang pernah terjadi Hingga tempat tersebut.

Kendati desa aslinya telah hilang, semangat Komunitas Legetang tidak padam. Di 1970-an, sebagian warga yang selamat mendirikan kembali desa Terbaru Bersama nama Dusun Legetang Hingga lokasi yang lebih aman.

Kisah Desa Legetang menjadi warisan Kearifan Lokal Dunia dan pelajaran berharga Untuk Komunitas Dieng dan sekitarnya. Tragedi ini mengingatkan Akansegera kekuatan alam yang dahsyat dan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan.

Samping Itu, kisah ini juga menjadi pengingat Sebagai selalu hidup Untuk kebaikan dan menjauhi perbuatan yang tercela.

(dra)

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia News: Kisah Desa Legetang Hingga Dieng yang Menghilang Untuk Semalam