5 Merek HP Terlaris Di Indonesia 2024, vivo dan Xiaomi Geser Samsung dan Oppo

vivo memimpin pengiriman smartphone Di Indonesia Sebagai pertama kalinya Di 3 tahun. Foto: vivo Indonesia

JAKARTA – Peta persaingan smartphone Di Indonesia Di 2024 berubah drastis. Vivo dan Xiaomi merangsek Hingga posisi 1 dan 2. Apa penyebabnya?

Pengiriman smartphone Di Indonesia Menimbulkan Kekhawatiran 4% YoY (year-over-year) Di Q1 2024. Demikian menurut Monthly Indonesia Smartphone Tracker Di lembaga Kajian Counterpoint.

Produsen smartphone memulai 2024 Didalam Memperkenalkan model-model Mutakhir secara agresif Sebagai memenuhi peningkatan permintaan yang diantisipasi Di Ramadan Di Maret silam. Dampaknya, pengiriman model yang Mutakhir diluncurkan tumbuh 183% dibandingkan tahun lalu.

Berbagai kegiatan promosi terlihat Di saluran ritel seperti Erafone, Di mana diskon tidak hanya Sebagai smartphone. Akan Tetapi juga Sebagai aksesori atau produk IoT, serta voucher elektronik gratis.

Samping Itu, toko online resmi, platform Pasar Online dan saluran media sosial seperti X, IG, TikTok dan Facebook juga digunakan Sebagai memasarkan promosi.

Penjualan Di toko offline sendiri juga terus Menimbulkan Kekhawatiran Di beberapa tahun terakhir. Ini dipicu persaingan Di toko multi-merek independen dan toko smartphone resmi, seperti Oppo dan realme, yang terus memperluas area cakupan mereka.

Analis Senior Counterpoint Febriman Abdillah mengatakan, konsumen Indonesia telah terbiasa Meningkatkan pengeluaran mereka Di Ramadan dan Idul Fitri.

“Ini termasuk belanja smartphone. Belajar Di tingginya permintaan Di Ramadan 2023, tahun ini para pabrikan HP mengejar peluncuran sebeulam Ramadan. Itu, dibantu lewat promosi seperti flash sale,” ungkap Febriman.

Pangsa Pasar Pengiriman Smartphone Indonesia, Q1 2024 vs Q1 2023

Sebagai pertama kalinya Di 3 tahun terakhir, vivo Memutuskan posisi teratas pengiriman smartphone Di Indonesia. Harap diingat, pengiriman adalah jumlah HP yang Disalurkan Di pabrik Hingga distributor. Bukan jumlah HP yang terjual.

Pangsa pasar vivo mencapai 19,2% didorong peningkatan saluran distribusi dan strategi pemasaran yang agresif.

Tanpapemenang Y, termasuk model Mutakhir Y100 dan Y03, Mendorong pengiriman vivo. Promosi Di saluran online seperti Eraspace, Tokopedia, Blibli, Shopee dan Lazada, dan bermitra Didalam merek Perkembangan Teknologi Baru Keuangan seperti Kredivo dan Spectra Sebagai promo cicilan, juga membantu vivo Meningkatkan minat konsumen.

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia News: 5 Merek HP Terlaris Di Indonesia 2024, vivo dan Xiaomi Geser Samsung dan Oppo