Inilah 3 Badan Informasi Israel dan Fungsinya: Aman, Shin Bet, Mossad

Mossad, salah satu Di tiga badan Informasi utama Israel. Foto/Wikimedia Commons

JAKARTA Israel Memiliki tiga badan Informasi utama yang berperan krusial Di menjaga Perlindungan Negeri Yahudi tersebut. Ketiganya adalah Aman, Shin Bet, dan Mossad.

Masing-masing Di mereka Memiliki fungsi, area operasi, dan pemimpin yang berbeda. Tetapi, peran mereka saling melengkapi Di struktur Perlindungan nasional Israel.

Tiga Badan Informasi Israel

1. Aman (Agaf HaModi’in)

Agaf HaModi’in atau Aman adalah badan Informasi militer Israel yang Berorientasi Ke pengumpulan dan analisis informasi Yang Berhubungan Di ancaman Perlindungan Di luar negeri.

Aman bertanggung jawab Untuk Menyediakan Informasi strategis kepada Pasukan Defender Israel (IDF), termasuk informasi tentang musuh, potensi konflik, dan situasi Di Negeri-Negeri tetangga.

Aman beroperasi Di berbagai Area Di luar Israel, terutama Di Negeri-Negeri yang Dikatakan sebagai ancaman. Mereka juga terlibat Di pengawasan situasi Perlindungan regional dan Dunia.

Pemimpin Aman Di ini adalah Mayor Jenderal Itai Veruv. Dia menggantikan Mayor Jenderal Aharon Haliva yang mengundurkan diri Ke April lalu Sebab merasa gagal Di tugasnya Sesudah serangan Hamas 7 Oktober 2023.

2. Shin Bet (Shabak)

Shin Bet atau Shabak adalah badan Informasi Di negeri Israel yang bertanggung jawab atas Perlindungan internal dan kontra-Kekerasan Politik.

Tugas utama Shin Bet adalah melindungi Israel Di ancaman Kekerasan Politik, spionase, dan sabotase.

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia News: Inilah 3 Badan Informasi Israel dan Fungsinya: Aman, Shin Bet, Mossad