4 Cara Cegah Ban Truk Pecah Di Jalan Tol

Daftar Isi



Jakarta, CNN Indonesia

Kendaraan berukuran besar, seperti truk, sering kali Merasakan insiden pecah ban Pada Untuk melintas Di jalan tol. Kecelakaan seperti ini umumnya tidak dapat diprediksi, Tetapi dapat diminimalisir Didalam melakukan beberapa langkah antisipasi.

Perlu diketahui, pecah ban merupakan salah satu penyebab kecelakaan terbesar Di jalan tol. Pemicunya pun beragam, mulai Untuk kurangnya tekanan udara hingga terlindasnya benda tajam, seperti kawat ataupun Alat.

Selain benda-benda tajam atau tumpul yang menjadi penyebab ban pecah, ada faktor kelalaian manusia yang juga bisa menjadi alasan pecah ban. Di bawah ini beberapa langkah yang dapat dilakukan Untuk mencegah pecahnya ban truk Di jalan tol.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Sesuaikan beban muatan

Beban muatan yang berlebih kerap menjadi penyebab utama pecahnya ban Di jalan tol. Pasalnya, masing-masing ban mempunyai spesifikasi tersendiri Untuk menyokong beban maksimum. Jika muatan melebihi spesifikasi, tentu Berencana memperbesar risiko kerusakan hingga pecah ban. Di Di Itu, sesuaikan pula tekanan angin dan kurangi Kelajuan jika terpaksa membawa muatan yang melebihi spesifikasi ban.


Cek tekanan angin secara berkala

Tekanan angin menjadi salah satu faktor penentu Penampilan ban. Kurangnya tekanan angin dapat menyebabkan defleksi, yang Sesudah Itu menimbulkan panas berlebih dan memperlemah lapisan ban Agar memperbesar risiko pecah.

Perbedaan tekanan angin Di ban ganda juga berbahaya. Ban Didalam tekanan lebih rendah Berencana Merasakan gesekan berlebih dan cepat aus, Sambil ban Didalam tekanan lebih tinggi dapat pecah akibat beban yang tidak merata.

Didalam sebab itu, pengemudi direkomendasikan Untuk rutin memeriksa tekanan ban Sebelumnya melakukan perjalanan, atau paling tidak setiap dua minggu.

Lakukan Penanganan rutin

Minimnya Penanganan ban dapat Meningkatkan risiko pecah ban Di jalan. Untuk mencegah hal tersebut, pengendara disarankan mengecek Situasi telapak ban secara berkala.

Kerikil yang tersangkut Di permukaan ban pun harus disingkirkan agar tidak menembus telapak ban yang Berencana Meningkatkan risiko pecah.Di Di Itu, penting Untuk menjaga Situasi kaki-kaki kendaraan dan ban agar kemudi tetap stabil dan ban tidak aus.

Atur Kelajuan berkendara

Kebiasaan mengemudi Didalam Kelajuan tinggi secara terus-menerus turut memicu potensi pecah ban. Untuk itu, kendaraan berukuran besar seperti truk disarankan menggunakan jalur paling kiri Didalam tetap memerhatikan Kelajuan dan rambu-rambu yang berlaku.

[Gambas:Video CNN]

(rac/mik)




Artikel ini disadur –> Cnnindonesia News: 4 Cara Cegah Ban Truk Pecah Di Jalan Tol