Pesawat Patroli P-8A Poseidon Angkatan Laut AS Melintasi Selat Taiwan

Pesawat patroli Boeing P-8A Poseidon Angkatan Laut Australia. Foto/Bidgee

TAIPEI – Satu pesawat patroli Boeing P-8A Poseidon Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) terbang Lewat “Daerah udara internasional” melintasi Selat Taiwan Ke Selasa (17/9/2024).

Kabar itu diungkap Armada Ke-7 Angkatan Laut AS. “Satu pesawat P-8A Poseidon Angkatan Laut AS melintasi Selat Taiwan Ke Daerah udara internasional Ke tanggal 17 April (waktu setempat). Didalam beroperasi Ke Selat Taiwan sesuai Didalam hukum internasional, Amerika Serikat menjunjung tinggi hak dan kebebasan navigasi semua Bangsa,” ungkap pernyataan armada tersebut.

“Perlintasan pesawat tersebut Lewat Selat Taiwan Menunjukkan komitmen Amerika Serikat Untuk menjaga kawasan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka,” papar pernyataan tersebut.

Ke pertengahan April, Armada Ke-7 AS Menerbitkan pernyataan serupa bahwa satu pesawat P-8A Poseidon telah terbang Lewat Selat Taiwan.

Ke Pada yang sama, militer China mengatakan telah mengawal pesawat AS tersebut Pada perjalanannya, Didalam mengatakan pasukan China mempertahankan tingkat kesiapan yang tinggi Untuk Didalam tegas mempertahankan kedaulatan nasional, Perlindungan, dan Keamanan Dunia serta stabilitas regional.

Taiwan telah diperintah secara independen Didalam daratan China Dari tahun 1949.

Beijing memandang pulau itu sebagai provinsinya, Sambil Itu Taiwan, Daerah Didalam pemerintahan terpilihnya sendiri, Mengungkapkan Taiwan adalah Bangsa otonom.

China menentang segala kontak resmi Bangsa Foreign Didalam Taipei dan menganggap kedaulatan Beijing atas pulau itu tidak dapat dibantah.

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia News: Pesawat Patroli P-8A Poseidon Angkatan Laut AS Melintasi Selat Taiwan