Bisnis  

Cara Generasi Muda Manfaatkan BRIFine by DPLK BRI Sebagai Pensiun

JAKARTA – Hampir semua orang ingin Kehidupan Damai dan nyaman Pada memasuki usia pensiun. Tetapi Sebagai mewujudkannya, tentu diperlukan persiapan yang matang Sebelum kita masih Ke usia produktif.

Ke sisi lain, generasi muda Pada ini harus Berjuang Di banyak tantangan yang dapat memengaruhi Kesejaganan Keuangan. Justru menurut survei Asosiasi Perkumpulan Dana Pensiun Lembaga Keuangan Indonesia (PDPLK), 90 persen milenial tidak Memperoleh persiapan hari tua.

Tantangan-tantangan tersebut tidak hanya datang Di diri sendiri, Tetapi keluarga dan lingkungan sering kali ikut terlibat. Lalu, apa saja tantangan yang harus dihadapi generasi muda Pada ini dan bagaimana mengatasinya agar siap Berjuang Di masa pensiun?

1. Biaya hidup tinggi
Setiap tahunnya, biaya Sebagai memenuhi berbagai kebutuhan hidup terus naik. Survei Biaya Hidup (SBH) yang dilakukan Badan Pusat Statistik (BPS) Menunjukkan, biaya hidup rata-rata per Tempattinggal tangga per bulan Ke Indonesia melampaui besaran upah minimum provinsi (UMP) Ke sejumlah Area.

Provinsi DKI Jakarta pun menempati Pangkat pertama kota Di biaya hidup termahal Ke Indonesia. Berdasarkan data BPS, biaya hidup Ke Jakarta tahun 2024 mencapai angka Rp14.394.990 per bulannya.

2. Penghasilan
Tingginya biaya hidup ini ternyata tidak sebanding Di UMP yang diperoleh Di pekerja Ke Indonesia. Contohnya saja Ke Jakarta, Di biaya hidup rata-rata hampir mencapai Rp 15 juta, besaran gaji UMR Ke 2024 adalah Di Rp 5,06 juta.

Ketimpangan ini menjadi salah satu faktor yang menyebabkan Gen Z dan Milenial Memperoleh utang lebih banyak dibandingkan Di generasi lain. Menurut data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) saja, 62 persen rekening Teknologi Baru Keuangan pendanaan bersama dimiliki Di nasabah usia 19-34 tahun.

3. Tanggungan keluarga
Tak sedikit juga generasi muda Ke Indonesia yang harus menjadi generasi sandwich. Masih Di data BPS, Ke 2020, 6 orang usia produktif mendukung 1 orang lanjut usia Ke 2020, dan 3 orang usia kerja mendukung 1 orang lanjut usia Ke 2045.

Persentase rasio ketergantungan yang lebih tinggi ini Menunjukkan bahwa penduduk produktif harus menanggung beban yang lebih tinggi Sebagai membiayai kehidupan mereka yang belum produktif maupun yang sudah tidak produktif lagi.

Merencanakan Masa Pensiun Bersama BRIFine by DPLK BRI

Tidak perlu takut Berjuang Di masa pensiun, sebab BRI Berencana membantu kamu Merencanakan hari tua. Ya, Bagi nasabah Payroll BRI, kamu bisa mewujudkan ketenangan hidup Ke masa pensiun Di cara mendaftar Inisiatif pensiun BRIfine by DPLK BRI Ke BRImo.

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia News: Cara Generasi Muda Manfaatkan BRIFine by DPLK BRI Sebagai Pensiun