10 Manfaat Kesejaganan Pepaya, Bagus Untuk Jantung hingga Pencernaan

Jakarta

Pepaya adalah buah tropis manis, yang dikenal Didalam kandungan nutrisinya yang melimpah. Tidak hanya lezat, pepaya juga Memiliki berbagai manfaat Untuk Kesejaganan.

Pepaya mengandung antioksidan yang membantu melawan radikal bebas, menjaga Kesejaganan kulit, hingga mencegah risiko Gangguan. Simak penjelasan manfaat pepaya Untuk Kesejaganan Di bawah ini.

Manfaat Pepaya Untuk Kesejaganan

1. Efek Antioksidan yang Kuat

Pepaya Memiliki efek antioksidan yang bermanfaat Untuk menurunkan risiko beberapa Gangguan dan Mengurangi Beban oksidatif. Kandungan antioksidan, termasuk karotenoid Untuk pepaya bisa menetralisir radikal bebas.


Eksperimen tahun 2006 Didalam F Marotta, dkk, yang dimuat National Library of Medicine, mencatat bahwa pepaya yang difermentasi bisa Mengurangi Beban oksidatif Di orang lanjut usia dan pengidap pradiabetes, hipotiroidisme ringan, dan Gangguan hati.

2. Mungkin Saja Membantu Meningkatkan Kesejaganan Jantung

Manfaat buah pepaya Berikutnya yaitu Meningkatkan Kesejaganan jantung serta Mengurangi risiko Gangguan jantung. Pasalnya, pepaya kaya Akansegera kandungan vitamin C dan likopen.

3. Membantu Melawan Peradangan

Peradangan kronis menjadi akar Untuk banyak Gangguan. Buah dan sayuran kaya antioksidan seperti pepaya bisa membantu Mengurangi penanda peradangan.

Di Di Itu, kandungan karotenoid Untuk pepaya yang tinggi juga berperan Untuk manfaat ini.

4. Meningkatkan Pencernaan

Manfaat pepaya Untuk pencernaan adalah membantu membuat protein lebih mudah dicerna, Lantaran terdapat enzim papain Untuk kandungannya.

Untuk sebuah Eksperimen tahun 2013 Didalam Claus Muss, dkk, menunjukan bahwa orang yang mengkonsumsi formula berbahan pepaya Pada 40 hari Merasakan perbaikan sembelit dan kembung secara signifikan.

Di Di Itu, benih dan Pada lain tanaman pepaya juga telah digunakan Untuk mengobati bisul.

5. Mengurangi Risiko Gangguan Kanker

Eksperimen tahun 2014 Didalam Aneta Gajowik dan Małgorzata M Dobrzyńsk, menunjukan bahwa kandungan likopen Untuk pepaya bermanfaat Untuk Mengurangi risiko kanker. Hal ini Mungkin Saja juga bermanfaat Untuk orang yang Lagi dirawat Lantaran kanker.

Sebuah Eksperimen kecil tahun 2004 Didalam F Marotta, dkk Untuk S. Giuseppe Hospital, Milan, Di orang dewasa lanjut usia Didalam peradangan dan Kebugaran perut prakanker, pepaya yang difermentasi Mengurangi kerusakan oksidatif.

Akan Tetapi, masih diperlukan Eksperimen Lebih Jelas Sebelumnya rekomendasi bisa dibuat Yang Terkait Didalam manfaat ini.

6. Membantu Meningkatkan Kesejaganan Tulang

Asupan vitamin K rendah Memiliki hubungan Didalam risiko patah tulang yang lebih tinggi.

Untuk jurnal tahun 2019 Didalam Celia Rodríguez-Olleros Rodríguez dan Manuel Díaz Curiel, Menunjukkan bahwa pepaya adalah sumber vitamin K. Didalam sebab itu, konsumsi vitamin K yang cukup membantu Untuk menjaga Kesejaganan yang baik.

7. Meningkatkan Kesejaganan Rambut

Kandungan vitamin A Untuk pepaya juga bagus Untuk rambut. Vitamin A adalah Gizi yang diperlukan Untuk produksi sebum Untuk menjaga kelembapan rambut dan Perkembangan seluruh jaringan tubuh, termasuk kulit dan rambut.

Di Di Itu, asupan vitamin C yang ada Di pepaya juga diperlukan Untuk membangun serta memelihara kolagen, yang Akansegera Memberi struktur Di kulit.

8. Membantu Mencegah Risiko Asma

Mengkonsumsi buah dan sayuran Untuk jumlah banyak membantu menurunkan risiko terkena asma.

Manfaat ini Mungkin Saja disebabkan Didalam komponen Konsumsi Untuk buah-buahan dan sayuran, seperti antioksidan, serat, serta vitamin D.

Gizi tersebut berperan Untuk membantu fungsi sistem kekebalan tubuh, yang Memberi respons berlebihan Di pengidap asma.

Satu studi tahun 2022 Wei Zhang, dkk Untuk Shaanxi Provincial People’s Hospital, China, juga mengaitkan asupan karoten, likopen, dan zeaxanthin yang lebih tinggi Di orang dewasa Didalam risiko lebih rendah terkena asma. Untuk Kontek Sini,pepaya mengandung ketiga senyawa organik tersebut.

9. Menjaga Penglihatan Mata

Beberapa senyawa organik Untuk pepaya bisa membantu mencegah peradangan dan Beban oksidatif Di Gangguan mata. Terutama Yang Terkait Didalam usia, seperti degenerasi makula.

Likopen Di pepaya bisa membantu melindungi epitel pigmen retina (Pada retina yang penting Untuk Kesejaganan penglihatan), Pada peradangan dan Beban oksidatif.

Senyawa karoten Untuk pepaya juga Memiliki kaitan Didalam perbaikan penglihatan dan Pra-Penanganan rabun senja. Di Di Itu, kandungan zeaxanthin, antioksidan Untuk pepaya berperan Untuk menyaring sinar cahaya biru yang berbahaya.

10. Mengurangi Kerutan

Manfaat pepaya Untuk kulit yaitu bisa Mengurangi kerutan. Diketahui, pepaya kaya Akansegera antioksidan, seperti likopen yang bisa melawan tanda-tanda penuaan.

Sebuah studi tahun 2015 Menunjukkan bahwa sebagian besar kerusakan dan kerutan kulit terjadi seiring penuaan, yang bisa disebabkan Didalam Kegiatan radikal bebas yang berlebihan.

Apakah Baik Mengkonsumsi Pepaya Setiap Hari?

Menurut laman Vinmec International Hospital, makan pepaya setiap hari baik Untuk Mengurangi peradangan, melawan Gangguan, dan membantu kita tampak lebih muda.

Pasalnya, pepaya kaya Akansegera Gizi penting seperti vitamin C dan vitamin A dan bersifat antioksidan.

(khq/fds)

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: 10 Manfaat Kesejaganan Pepaya, Bagus Untuk Jantung hingga Pencernaan