Jangan Disepelekan, Segera Periksa Jika Batuk Disertai Tanda Ini


Jakarta

Batuk seringkali Dikatakan sebagai Penyakit yang tergolong ringan. Pasalnya banyak yang menganggap batuk bisa diobati secara mandiri menggunakan Terapi warung atau bahan-bahan alami.

Spesialis Penyakit Di konsultan paru, dr Ika Trisnawati SpPD-KP, M.Sc mengatakan batuk ringan Lantaran iritasi masih bisa diobati Bersama minuman-minuman herbal atau Terapi-Terapi umum.

“Sebenarnya tidak dilarang, kencur atau jahe itu bagus ya Bagi meringankan gatal Ke tenggorokan Lantaran iritasi, bukan Infeksi. Tidak masalah Bagi memberi Terapi batuk umum yang bisa dibeli tanpa resep Praktisi Medis. Asal mengenali dulu jenis batuknya,” ujar dr Ika Di siniar Kemenkes, Rabu (17/7/2024).


dr Ika menambahkan jika batuk tidak kunjung sembuh Di tiga sampai lima hari, maka dianjurkan Bagi segera memeriksakan Ke Praktisi Medis. Terlebih jika disertai Bersama Tanda-Tanda lain, seperti warna dahak berubah, demam, hingga penurunan berat badan.

“Nggak boleh berlama-lama, apabila Di tiga sampai lima hari tidak membaik, ditambah Bersama Tanda seperti demam atau batuk Bersama dahak yang berubah warna. Dahak itu kan normalnya putih atau bening,” kata dr Ika.

“Lalu ada nyeri dada, sesak napas berat, penurunan berat badan, tidak selera makan. Maka seperti itu harus segera meminta pertolongan Ke Praktisi Medis, Lantaran ini harus ada pemeriksaan,” sambungnya.

Di beberapa Tindak Kejahatan, dr Ika menekankan seseorang tidak perlu menunggu sampai tiga atau lima hari. Di ditemukan perubahan-perubahan tersebut, maka harus segera meminta Dukungan Praktisi Medis.

“Kalau Mutakhir dua atau tiga hari progres Tanda beratnya ini signifikan, tidak perlu menunggu sampai lima hari. Karena Itu sesegera Bisa Jadi Ke Praktisi Medis,” tutupnya.

(dpy/kna)

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Jangan Disepelekan, Segera Periksa Jika Batuk Disertai Tanda Ini