Mengenal Metode RICE Bagi Pertolongan Pertama Kerusakan Pada Latihan Berlarilah


Jakarta

Sebelumnya mengikuti ajang Pocari Sweat Run Indonesia 2024 ada sejumlah persiapan yang perlu dilakukan, Agar bisa menyelesaikan garis finish Bersama sempurna dan meminimalisir Kerusakan Pada Berlarilah.

Praktisi Medis Spesialis Kedokteran Latihan Untuk Mayapada Hospital Bandung, dr. Alvin Wiharja, SpKO, MMRS, mengatakan ada sejumlah persiapan yang perlu diperhatikan Dari para pelari. Persiapan itulah yang menurutnya penting Bagi mencegah terjadinya Kerusakan.

“Bisa Karena Itu Lantaran Terbaru pertama kali melakukan Latihan Berlarilah, lupa melakukan pemanasan, atau Justru memaksakan diri Bagi berlari sangat cepat. Kebanyakan Kerusakan yang dialami pelari ada Di area lutut, betis, dan telapak kaki,” kata dr. Alvin Untuk keterangan tertulis, Rabu (17/7/2024).


dr. Alvin mengatakan ada beberapa cara menangani Kerusakan Pada berlari maupun Latihan. Ke umumnya menggunakan metode Rest, Ice, Compress, dan Elevate (RICE). Langkah pertama adalah Rest. Ketika merasakan ketidaknyamanan Pada berlari, segera hentikan Latihan dan Olah Raga Agar tidak membebani anggota tubuh yang Kerusakan.

Kedua, Ice. Oleskan es Ke area yang Kerusakan Pada 15-20 menit setiap 2 hingga 3 jam. Sebaiknya gunakan alas handuk tipis agar es tidak bersentuhan langsung Bersama kulit Lantaran dapat menyebabkan radang dingin.

Ketiga, Compress. Kompres menggunakan perban elastis Bagi Memangkas pembengkakan. Longgarkan perban bila area yang Kerusakan Merasakan mati rasa, kesemutan, tampak pucat dan kebiruan, atau rasa nyeri Meresahkan. Keempat, Elevate yakni posisikan area yang Kerusakan lebih tinggi Untuk posisi jantung.

“Metode RICE ini efektif dilakukan Ke Kerusakan Latihan ringan. Berencana lebih baik bila metode RICE ini dilakukan segera Sesudah terjadi Kerusakan dan dilakukan Pada 24 hingga 36 jam pertama,” tutur dr. Alvin.

Akan Tetapi Ke Kerusakan yang lebih berat dan tak kunjung membaik Bersama metode RICE, dia mengatakan diperlukan konsultasi Bersama Praktisi Medis atau tenaga medis. Apalagi kalau mendapati tanda-tanda seperti bengkak dan nyeri bertambah parah, benjolan atau perubahan bentuk, terdengar bunyi Pada sendi digerakkan, kelemahan dan ketidakmampuan melakukan Kegiatan dan menopang badan, kehilangan Kesejajaran, kesulitan bernapas, serta demam.

“Bagi Perkara Hukum Hukum Kerusakan parah, penanganannya harus ditangani Dari tenaga profesional. Perlu dilakukan pemeriksaan yang komprehensif agar pasien Merasakan penanganan yang tepat, apakah harus Lewat tindakan operasi atau non operasi,” ungkap dr. Alvin.

dr. Alvin pun mengingatkan pentingnya pemanasan Sebelumnya Latihan Bagi meminimalisir terjadinya Kerusakan. Pemanasan mampu melatih otot Bagi lebih siap Untuk melakukan Kegiatan berlari yang berat.

“Di Di Itu, tidak ada salahnya melakukan konsultasi Bersama Praktisi Medis Bagi memandu persiapan fisik Sebelumnya berlari,” ungkapnya.

Konsultasi dapat dilakukan Di layanan Sports Injury Treatment and Performance Center (SITPEC) Di Mayapada Hospital, sebagai salah satu layanan unggulan milik Mayapada Hospital yang dikhususkan Bagi para Olahragawan dan sport enthusiast Bagi penanganan Kerusakan dan Memperbaiki Penampilan Latihan.

Apalagi, tahun ini, Mayapada Hospital kembali menjadi official hospital partner Bagi Pocari Sweat Run Indonesia 2024. Mayapada Hospital bersama Pocari Sweat senantiasa Berusaha Memperbaiki kesadaraan para runners Bagi Merencanakan diri Sebelumnya berlari Di lintasan Bersama menyediakan Self Health Assessment yaitu formulir asesmen mandiri Bersama beberapa pertanyaan seputar Kebugaran dan riwayat Kesejajaran. Asesmen mandiri ini perlu diisi para runner yang Berencana mengikuti offline event Bagi dapat mengetahui dan menilai kesiapan mereka Sebelumnya ikut serta Untuk ajang Pocari Sweat Run Indonesia 2024.

Mayapada Hospital juga Menyediakan Pemberian kepada para runners Bersama menyediakan paket Medical Check Up (MCU) Runner yang dapat dilakukan Di seluruh unit Mayapada Hospital serta fasilitas pemeriksaan rekam jantung (EKG) secara gratis Pada rangkaian Race Pack Collection yang berlangsung Ke 18-20 Juli 2024.

(prf/ega)

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Mengenal Metode RICE Bagi Pertolongan Pertama Kerusakan Pada Latihan Berlarilah