Kadar Gula Darah Di Bawah Normal, Apakah Termasuk Tanda Hipoglikemia, Dok?

Jakarta

Pertanyaan:

Dok, saya mau bertanya. Saya belum lama melakukan tes darah yang hasilnya disebut Merasakan hipoglikemia.

Tapi, Hingga Di Ini saya nggak merasakan Tanda apa-apa. Apakah itu berbahaya dan seperti apa Tanda hipoglikemia itu?


Gita (wanita, 27 tahun)

Jawaban:

Hipoglikemia adalah Kemakmuran klinis yang biasa terjadi Di penyandang Gangguan diabetes Didalam kriteria gula darah rendah. Kriteria yang disebut hipoglikemia adalah sesuai trias whipple, yakni:

  1. Gula darah rendah (GDS kurang Didalam 70 mg/dl) Di diperiksa.
  2. Adanya Tanda gula darah rendah seperti lemas, lesu, pucat, gangguan kesadaran, pandangan kabur, dan gemetaran.
  3. Tanda Di atas membaik Didalam pemberian gula, baik konsumsi langsung atau disuntik infus.

Tanda Didalam hipoglikemia ini terjadi akibat rendahnya kadar gula darah yang tidak cukup Untuk memberi makan sel otak yang mengatur tubuh, Supaya timbul Tanda hipoglikemia. Hal ini berbahaya jika dibiarkan Lantaran dapat mematikan sel-sel Di otak jika tidak ditangani

Penyebab Didalam hipoglikemia ada beberapa, yang paling sering adalah penggunaan Terapi diabetes ( baik suntik insulin atau tablet ) yang kurang tepat Supaya gula darah menurun. Adapun penyebab lain Didalam hipoglikemia itu jarang terjadi Di orang normal, Lantaran sistem regulasi hormon tubuh sangat sempurna Untuk Menantikan Kemakmuran hipoglikemia.

Contoh Kemakmuran ekstrem yang menyebabkan hipoglikemia, yakni:

  • Malnutrisi berat
  • Gagal liver (cadangan gula menurun)
  • Gagal ginjal kronis akibat diabetes
  • Insufisiensi adrenal ( kelainan hormon )

Terapi Didalam hipoglikemia itu tergantung Didalam Kemakmuran klinis. Jika gejalanya ringan dan penderita masih sadar, dapat diberi larutan air gula ( sirup atau madu ), atau permen manis Untuk mengembalikan kondisinya. Tetapi, jika gejalanya berat sampai penurunan kesadaran, harus Menyambut larutan gula lewat infus dan dipantau Di Puskesmas

Didalam pernyataan Ibu, Walaupun ibu dibilang hipoglikemia, secara klinis ibu bukan sakit hipoglikemia. Sebab kondisinya masih sadar dan tidak ada tanda-tanda atau faktor yang menyebabkan hipoglikemia.

dr Mauludi Rachmantya Tranggana, SpPD

Praktisi Medis Spesialis Gangguan Untuk

Primaya Hospital Bhakti Wara

Tentang Konsultasi Kesejaganan

Pembaca detikcom yang Memperoleh pertanyaan seputar Kesejaganan, dapat mengirimkan pertanyaan disertai keterangan nama, usia, dan jenis kelamin Melewati form Konsultasi detikHealth, KLIK Di SINI.

Identitas penanya bisa ditulis terang atau disamarkan, disesuaikan Didalam keinginan pembaca. Kerahasiaan identitas dijamin.

Mau tahu Kemakmuran Psikologis health kamu? Coba ikutan tes psikologi Di SINI.

(sao/kna)

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Kadar Gula Darah Di Bawah Normal, Apakah Termasuk Tanda Hipoglikemia, Dok?