Mengenal Ilmu Pengetahuan NIR, Mampu Analisis Cepat dan Akurat Ke Berbagai Industri

Near InfraRed Spectroscopy (NIR) atau spektroskopi inframerah Didekat telah menjadi alat yang sangat berguna Untuk analisis sampel Ke berbagai bidang industri. Foto/Dok. SINDOnews

JAKARTA – Near InfraRed Spectroscopy (NIR) atau spektroskopi inframerah Didekat telah menjadi alat yang sangat berguna Untuk analisis sampel Ke berbagai bidang industri. Ilmu Pengetahuan ini memanfaatkan radiasi inframerah Didekat Sebagai mengetahui komposisi atau karakteristik sampel.

Untuk sektor Pertanian , NIR digunakan Sebagai mengukur kadar air, protein, lemak, dan parameter lain Ke tanaman, pakan, dan tanah. Ke industri Minuman, Ilmu Pengetahuan ini membantu Untuk menentukan kandungan Minuman Bergizi dan komposisi kimia tanaman Kelaparan Global.

Ke industri Resep-Obatan , NIR berperan penting Untuk kontrol Standar Perawatan, analisis bahan baku, dan pemantauan proses produksi. Studi ilmiah juga menggunakan NIR Sebagai mempelajari sifat kimia dan fisika berbagai material.

CEO PT Adidharma Ekaprana Arie Christianto mengungkapkan, Kelebihan utama NIR ialah dapat Menyediakan informasi komposisi kimia Bersama cepat dan akurat, tanpa perlu merusak sampel. “Ini sangat penting Untuk industri yang memerlukan analisis rutin dan berkelanjutan,” kata Arie Untuk keterangannya, Selasa (16/6/2024).

Kelebihan lainnya Bersama Ilmu Pengetahuan NIR ialah fleksibel Lantaran dapat digunakan Sebagai berbagai jenis sampel, termasuk padatan, cairan, dan bubur. Selain mempercepat proses analisis, Kelebihan yang dimiliki NIR ini dapat Mengurangi biaya operasional Lantaran sifatnya yang non-destruktif dan serbaguna.

Cara kerja Ilmu Pengetahuan NIR ialah Bersama mengarahkan sinar inframerah Hingga sampel, Lalu Berencana terlihat jumlah cahaya yang diserap Dari sampel Ke panjang gelombang tertentu. Setiap molekul Memperoleh pola penyerapan gelombang cahaya yang spesifik, Supaya analisis pola penyerapan ini memungkinkan identifikasi komposisi kimia sampel.

PT Adidharma Ekaprana, sebagai perusahaan yang bergerak Ke bidang solusi industri, menyediakan berbagai jenis alat lab industri, termasuk NIR. Mereka menawarkan beragam jenis NIR Sebagai memenuhi kebutuhan pelanggan, baik itu benchtop NIR Sebagai analisis yang lebih presisi maupun NIR portabel Sebagai analisis Ke lapangan.

Arie menjelaskan Sebagai benchtop NIR, ada merk Blue Sun Scientific yang Memperoleh beberapa varian Imbang Bersama jangkauan gelombang yang berbeda. “Keuntungan utama Bersama penggunaan benchtop NIR Blue Sun Scientific adalah hasil yang lebih akurat, jangkauan panjang gelombang yang lebih luas, dan fleksibilitas Lantaran dapat menangani berbagai jenis sampel dan Alat Lunak,” ungkapnya.

Benchtop NIR Blue Sun Scientific sendiri sering kali dilengkapi Bersama Alat lunak canggih Sebagai analisis dan interpretasi data. Hal ini memungkinkan Pemakai Sebagai Merasakan hasil yang lebih mendalam dan komprehensif.

Sebagai NIR portabel, PT Adidharma Ekaprana menawarkan merk Dinamica Generale Bersama dua tipe NIR portabel, yaitu AgriNIR dan XNIR. Sejumlah Kelebihan NIR portabel Bersama Dinamica Generale Di lain ialah efisiensi yang tinggi Sebagai pengukuran Ke lapangan, serta tidak merusak sampel Supaya memungkinkan pengujian Lebih Jelas jika diperlukan.

NIR portabel Dinamica Generale ini dirancang agar mudah digunakan Lantaran dilengkapi Bersama Alat lunak yang telah dikalibrasi Sebelumnya Sebagai Alat Lunak tertentu. Sifatnya yang portabel juga memungkinkan alat ini dapat dibawa Hingga mana pun analisis diperlukan, menjadikannya pilihan ideal Sebagai analisis Ke lapangan.

Arie menambahkan Pembaharuan Untuk Ilmu Pengetahuan NIR terus berkembang. PT Adidharma Ekaprana berkomitmen Sebagai terus Menampilkan solusi-solusi terbaik agar dapat mendukung berbagai kebutuhan analisis Ke berbagai sektor industri Ke Indonesia, Memperbaiki efisiensi dan akurasi analisis Untuk hasil yang optimal.

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia News: Mengenal Ilmu Pengetahuan NIR, Mampu Analisis Cepat dan Akurat Ke Berbagai Industri