6 Asupan Konsumsi Karbo yang Bikin Kenyang Konsisten Lama

Jakarta

Bagi orang yang Untuk Pola Makan, memilih sumber karbohidrat yang tepat bukanlah Perkara Hukum sepele. Sebab, tidak semua jenis karbohidrat menyehatkan dan dapat membantu menurunkan berat badan.

Karbohidrat adalah salah satu Untuk tiga Konsumsi Bergizi makro yang paling banyak dibutuhkan tubuh. Fungsi utama karbohidrat adalah sebagai sumber energi yang digunakan tubuh Bagi melakukan berbagai macam Kegiatan, seperti bergerak, berpikir, bernapas, dan lain sebagainya.

Akan Tetapi, tidak semua jenis karbohidrat bermanfaat Bagi Pola Makan. Karbohidrat sederhana, seperti yang ada Di nasi putih atau roti tawar, adalah jenis karbohidrat yang dapat dicerna Di cepat Untuk tubuh, Agar memicu terjadinya lonjakan gula darah Untuk waktu singkat. Hal ini dapat menghambat proses penurunan berat badan.


Sebagai gantinya, orang yang Untuk Pola Makan dianjurkan Bagi mengonsumsi Konsumsi yang mengandung karbohidrat kompleks. Jenis karbohidrat ini lebih sulit Bagi dicerna, Agar dapat membuat tubuh merasa kenyang lebih lama dan mengendalikan nafsu makan.

Lantas, apa saja Konsumsi karbohidrat kompleks yang cocok dikonsumsi Bagi Pola Makan? Dikutip Untuk berbagai sumber, berikut ulasannya.

1. Oat

Para pejuang Pola Makan tentunya sudah tidak Foreign lagi Di oat. Sebab, Konsumsi ini kerap dijadikan sebagai pengganti nasi Di orang-orang yang Untuk menurunkan berat badan.

Tak hanya mengandung karbohidrat kompleks, oat kaya Akansegera protein dan serat yang turut menunjang proses penurunan berat badan.

2. Ubi jalar

Ubi jalar adalah salah satu Konsumsi yang cocok dikonsumsi Di orang yang ingin menurunkan berat badan. Konsumsi ini mengandung karbohidrat kompleks yang tak hanya mengenyangkan, tapi juga membantu mengelola kadar gula darah.

Hingga Di Itu, ubi jalar juga kaya Akansegera antioksidan yang bisa melindungi tubuh Untuk berbagai macam Gangguan.

3. Nasi merah

Nasi merah adalah sumber karbohidrat yang cocok dikonsumsi Di orang yang doyan nasi, tapi tidak ingin Merasakan kenaikan berat badan.

Dikutip Untuk Healthshots, nasi merah dapat membantu melancarkan fungsi pencernaan, menurunkan kadar gula darah, dan Meningkatkan rasa kenyang. Kombinasi tersebut membuat nasi merah menjadi Konsumsi ideal Bagi mereka yang ingin memangkas lemak tubuh.

4. Nasi coklat

Selain nasi merah, nasi coklat juga bisa menjadi sumber karbohidrat alternatif Pada Untuk Pola Makan. Pakar Konsumsi Bergizi Danielle McAvoy, RD menjelaskan nasi coklat tak hanya mengandung karbohidrat, tapi juga serat yang punya dampak positif Pada pengelolaan berat badan.

“Serat memperlambat proses pencernaan dan membuat Anda kenyang lebih lama. Serat juga baik Bagi mikrobioma Hingga perut, yang Untuk jangka panjang berpengaruh Pada berat badan,” ujarnya dikutip Untuk Eat This.

5. Quinoa

Pejuang Pola Makan tentunya tidak Foreign lagi Di Konsumsi satu ini. Quinoa adalah sejenis biji-bijian yang mengandung karbohidrat kompleks, serat, dan berbagai jenis mineral.

Quinoa juga kerap disebut sebagai protein lengkap Sebab mengandung sembilan jenis asam amino yang tidak bisa diproduksi Di tubuh. Tak heran jika Konsumsi ini dijuluki ‘superfood’ Bagi menurunkan berat badan.

6. Roti gandum utuh

Ingin Pola Makan tapi suka makan roti? Roti yang terbuat Untuk gandum utuh Bisa Jadi bisa Karena Itu solusinya.

Studi yang dipublikasikan Hingga jurnal Plant Foods for Human Nutrition mengungkapkan konsumsi roti Untuk gandum utuh dapat memangkas lebih banyak dibandingkan roti yang terbuat Untuk gandum olahan.

Di Detail, studi tersebut juga menemukan mengonsumsi roti yang terbuat Untuk gandum utuh Menyediakan manfaat positif Di individu Di kelebihan berat badan.

“Roti gandum utuh mengandung semua Pada Untuk gandum, yang kaya Akansegera Konsumsi Bergizi seperti vitamin dan mineral, serta serat yang bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama,” ucap pakar Pola Makan dan Konsumsi Bergizi Lisa Young, PhD, RDN.

(ath/naf)

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: 6 Asupan Konsumsi Karbo yang Bikin Kenyang Konsisten Lama