Ilmuwan Ciptakan Ilmu Pengetahuan Ubah Urine Astronot Bersama Sebab Itu Air Minum


Jakarta

Keterbatasan suplai air minum merupakan salah satu tantangan yang dihadapi astronot Pada melakukan perjalanan Ke luar angkasa. Sebagai mengatasi masalah tersebut, ilmuwan Di Menyusun Ilmu Pengetahuan yang dapat mengubah urine astronot menjadi air siap minum.

Pada bertahun-tahun, astronot yang melakukan perjalanan Ke luar angkasa Ke Disekitar International Space Station (ISS) buang air menggunakan popok sekali pakai yang ada Ke Untuk Busana antariksanya. Popok khusus ini dikenal Bersama sebutan ‘maximum absorbency garment’ atau MAG.

MAG pertama kali didesain Ke awal 1980 Sebagai mengumpulkan dan menyimpan urine, Supaya memungkinkan astronot buang air kecil Pada Lagi menjelajah. Akan Tetapi mengingat perjalanan Ke luar angkasa bisa memakan waktu hingga delapan jam, MAG dapat membuat astronot merasa tidak nyaman, serta berisiko Merasakan iritasi kulit dan Penyakit Menyebar.


MAG juga tidak mendaur ulang air Ke Untuk urine. Bersama Sebab Itu Pada Ke perjalanan, astronot hanya bisa mengandalkan persediaan 0,95 liter air yang mereka bawa Untuk Kantong minuman Ke Busana antariksa.

Kini, ilmuwan Memperoleh solusi Sebagai masalah tersebut, yaitu sistem Mutakhir yang dapat mengumpulkan dan memurnikan Disekitar 500 mililiter air Untuk urine. Sistem ini dirancang Memperoleh bobot yang ringan Supaya mudah dibawa, dan dapat memurnikan air urine hanya Untuk waktu lima menit.

Tak hanya itu, sistem ini juga Akansegera dilengkapi Pendeteksi kelembaban yang mendeteksi urine. Pada mendeteksi kencing, sistem Akansegera mengaktifkan pompa vakum yang menyedot urine Di Untuk alat penyaring yang dibawa Ke punggung astronot.

Untuk alat penyaring seberat 8 kg itu, urine Akansegera diubah menjadi air tawar yang Lalu disalurkan Di Untuk kantong minuman Ke Busana astronot.

Sistem ini masih Untuk tahap pengujian awal, tapi jika berhasil diterapkan, sistem ini dapat membantu mengatasi salah satu tantangan terberat astronot Pada Penjelajahan luar angkasa.

(ath/kna)

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Ilmuwan Ciptakan Ilmu Pengetahuan Ubah Urine Astronot Bersama Sebab Itu Air Minum