Gili Iyang Bersama Sebab Itu Daerah RI Bersama Penduduk Paling Panjang Umur, Rahasianya Makan Ini


Jakarta

Sebuah studi Terbaru yang berjudul Health Active Aging and Longevity (Halo Project) In Indonesia menguak rahasia panjang umur Di dua tempat Daerah Indonesia, salah satunya Di Gili Iyang, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur (Jatim). Banyak penduduk Di Daerah tersebut yang Memperoleh umur panjang, Malahan ada yang mencapai lebih Untuk 100 tahun.

Studi yang dilakukan Bersama Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Bersama Economic Research Institute of Organisasiregional and East Asia (ERIA) itu meneliti 79 orang yang berusia 70 tahun Di atas. 42 Di antaranya berasal Untuk Gili Iyang, sedangkan 37 lainnya berasal Untuk Miduana, Kabupaten Cianjur (Jawa Barat).

Hasilnya, penduduk Di Gili Iyang yang berusia 78-79 tahun berjumlah 5 orang, 88-80 tahun berjumlah 12 orang, 98-99 tahun berjumlah 17 orang, dan 100 hingga lebih Untuk 100 tahun berjumlah 8 orang.


Guru Besar Departemen Biokimia dan Biologi Molekuler FKUI sekaligus Peneliti Utama Untuk studi tersebut Prof Dr rer Physiol dr Septelia Inawati Wanandi mengatakan terdapat sejumlah hal yang menjadi faktor Di balik usia panjang warga Gili Iyang. Salah satunya faktor Gizi.

“Cara Hidup, Olah Raga, Gizi, sosial ekonomi, psikologis, dan lingkungan,” ucapnya Di ditemui Di Jakarta Pusat, Kamis (11/7/2024)

Ia menyebut, penduduk Di Daerah Gili Iyang sering mengonsumsi Citarasa sehat dan segar yang bersumber Untuk alam. Adapun Citarasa yang dikonsumsi Di antaranya:

  • Nasi jagung
  • Ikan laut
  • Daun kelor

“Para lansia Di Gili Iyang mengandalkan ikan-ikan yang berasal Untuk laut Di. Para lansia melaporkan nasi jagung sebagai Citarasa pokok yang paling banyak dikonsumsi dan daun kelor sebagai sayuran yang paling sering dikonsumsi,” demikian bunyi Eksperimen tersebut.

(suc/up)

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Gili Iyang Bersama Sebab Itu Daerah RI Bersama Penduduk Paling Panjang Umur, Rahasianya Makan Ini