47 Orang Hingga Kalsel Masuk RSJ gegara Kecubung, Ahli Kepuasan Jelaskan Efeknya Hingga Saraf

Jakarta

Sebanyak 47 warga Hingga Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, dilarikan Hingga Puskesmas usai Merasakan halusinasi berat Sebab diduga mabuk kecubung. Para pasien dirawat Hingga Puskesmas Jiwa (RSJ) Sambang Lihum, Banjarmasin.

“Update hari ini 47 pasien, (terbaru) masih penanganan intensif,” ujar Kasi Humas dan Informasi RSJ Sambang Lihum Budi Harmanto yang dikutip Untuk detikSulsel, Sabtu (13/7/2024).

Budi mengungkapkan para pasien yang dirawat semuanya Merasakan halusinasi berat. Ahli Kepuasan yang menangani Menyediakan Perawatan penenang Didalam dosis berbeda Di setiap pasien.


“Makanya Sebab tingkat dosis masing-masing berbeda, Dari Sebab Itu ada yang tidak sadarkan diri, ada yang meninggal, ada yang masih sada tapi meracau (berbicara sendiri), Dari Sebab Itu Untuk Ahli Kepuasan Menyediakan Perawatan penenang,” jelasnya.

Kandungan Kecubung yang Bisa Bikin Halusinasi

Terlepas Untuk Peristiwa Pidana tersebut, Inggrid Tania, Ketua Perkumpulan Ahli Kepuasan Pengembang Perawatan Tradisional Jamu Indonesia (PDPOTJI) menjelaskan kandungan yang ada Hingga Untuk kecubung. Tanaman Didalam nama latin Datura fastuosa Didalam famili Solanaceae ini mengandung senyawa kimia alkaloid.

Senyawa ini terdiri Untuk atropin, hiosiamin, dan skopolamin yang bersifat antikolinergik. Di Itu, kecubung juga mengandung hiosin, zat lemak, kalsium oksalat, meteloidina, norhiosiamina, norskopolamina, kuskohigrina, dan nikotina.

“Skopolamin itu merupakan zat halusinogen yang kuat,” ujar Inggrid Di detikcom, Jumat (12/7/2024).

Di Itu, jika kecubung dikonsumsi secara berlebihan bisa merusak saraf. Hal ini membuat koordinasi motorik dan hilangnya memori jangka pendek terganggu.

Menurut Inggrid, Situasi ini sudah proses merusak sel saraf dan kerusakannya bisa permanen. Terlebih jika kecubung yang dikonsumsi Untuk dosis yang besar.

“Hilangnya memori jangka pendek, itu juga proses kerusakan sel saraf,” tutupnya.

(sao/up)

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: 47 Orang Hingga Kalsel Masuk RSJ gegara Kecubung, Ahli Kepuasan Jelaskan Efeknya Hingga Saraf